Asta

Asta Malaka

Di desa Jangkong terdapat berbagai asta, salah satunya adalah Asta Malaka. Asta Malaka dahulunya ditemukan oleh Nyai Haniah yang bertapa dan mendapatkan petunjuk untuk pergi ke desa Jangkong, dimana ia menemukan tiga makam yang belum diketahui identitasnya. Makam tersebut masih belum terjamah oleh tangan manusia sehingga banyak rumput liar disekelilingnya. Nyai Haniah berusaha untuk membersihkan rumput-rumput liar tersebut dengan membakarnya, tetapi anehnya rumput-rumput liar tersbut tidak bisa terbakar, sehingga Nyai Haniah membersihkannya dengan cara memotong rumput-rumput liar tersebut.
Ketiga makam yang belum diketahui identitasnya tersebut diberi nama oleh Nyai Haniah. Nyai Haniah melakukan tapa untuk mendapatkan petunjuk untuk setiap nama yang harus dituliskannya di nisan ketiga makam tersebut. Ketiga nama tersebut adalah Singa Marda, Tinaju Sosro, dan Jimad Ratu Lancing.
Saat buku ini ditulis, kondisi Astah Malaka ini terlihat sudah cukup terawat. Hal ini terlihat dari bangunan rumah berukuran kecil yang melingkupi ketiga makam tersebut, serta makam Nyai Haniah juga termasuk di dalamnya. Dilihat dari bentuknya, dapat dipastikan rumah lingkup astah ini dibangun sudah cukup lama. Pasalnya, bentuk bangunannya merupakan pola rumah-rumah Sumenep pada jaman dahulu, yaitu bentuk rumah Joglo. Namun belum bisa dipastikan kapan tahun didirikannya rumah lingkup Astah Malaka tersebut. Dari segi kebersihan, lingkungan Astah Malaka juga terlihat cukup bersih. Perawatan biasa dilakukan oleh cucu Nyai Haniah yang rumah tinggalnya berdekatan dengan rumah lingkup astah, tepatnya di samping kanannya dan hanya terpisah jarak 2 meter saja.
Ketiga makam yang sudah diberi nama tersebut dijaga dan dirawat oleh Nyai Haniah hingga beliau wafat. Dan sekarang juru kunci diserahkan kepada cucunya, pada waktu Nyai Haniah meninggal cucunya ini masih berumur 3 tahun, oleh karna itu juru kuncinya hanya sedikit mengetahui terkait sejarah Asta Malaka. Dikarenakan Nyai Haniah tidak mempunyai kerabat dekat yang lain, disebabkan karena Nyai Haniah adalah orang yang suka berkelana atau berpergian.
Asta Malaka ini merupakan asta yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, salah satunya dikarenakan akses jalan menuju asta yang cukup jauh dan posisi lokasi asta yang terdapat di Dusun Porajan yaitu dusun yang posisi geografisnya di pelosok. Selain faktor akses jalan yang rumit, kurangnya informasi yang tersebar di masyarakat luas apalagi masyarakat luar Desa Jangkong, juga merupakan faktor mengapa Asta Malaka ini jarang diketahui dan dikunjungi oleh masyarakat luas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar