Pertanian

Siwalan



              Buah siwalan merupakan komoditi buah yang sangat melimpah di Desa Jangkong. Buah siwalan biasanya dimanfaatkan oleh warga desa hanya untuk di konsumsi sendiri, di jual kepasar, dan untuk pakan ternak sapi. 
Manfaat Buah Siwalan
Dari banyaknya kandungan gizi dari buah siwalan, dapat dimanfaatkan untuk:
  1. Untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.
  2. Buah siwalan bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis, bagian buah untuk obat satu ini adalah bagian buahnya.
  3. Akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.
  4. Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.
  5. Bagian dari akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan
  6. Legen atau nira yang telah di fermentasi mampu membantu menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi karena legen ini bersifat menambah air mani dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar